Nikmatnya Sajian Ikan Khas Sunda di Erlangga

Sabtu, 07 Januari 2017 - 08:20 WIB
Nikmatnya Sajian Ikan...
Nikmatnya Sajian Ikan Khas Sunda di Erlangga
A A A
BANDUNG - Bagi Anda pecinta kuliner ikan, wajib menyambangi rumah makan yang satu ini. RM Erlangga yang berlokasi di Jalan Sukajadi ini menyediakan beragam olahan ikan yang dibumbui khas makanan Sunda. Salah satu jagonnya yakni Gurame Bakar Nyi Iteung.

Olahan ikan gurame yang manis, gurih ini memakai ikan gurame seberat 500 gram. Ikan yang dibelah menjadi dua bagian ini kemudian direndam dengan bumbu rendaman khas RM Erlangga selama kurang lebih 15 menit. Usai bumbu menyerap ke dalam ikan, baru ikan gurame tersebut dibakar. Rasanya yang manis dan gurih, membuat Anda bisa menyantapnya secara lahap dan porsinya yang cukup besar, bisa Anda hidangkan untuk makan bersama keluarga.

"Meski pun warnanya agak hitam, tapi jangan salah....rasanya yang gurih, manis, dan lezat akan membuat anda pasti ketagihan makan ikan gurame ini. Dibakarnya pun di atas arang langsubg jadi aromanya begitu khas," ujar Head Chef RM Erlangga, Dada.

Selain ikan gurame, sajian lainnya yang tak kalah lezat yakni olahan Ikan Nila Goreng Tauco. Ikan nilai seberat 350 gram ini diolah dengan cara digoreng kering dan dilumuri dengan bumbu tauco. Namun sebelum dilumuri tauco, ikan pun diolah terlebih dahulu dengan cara direndam dengan bumbu dasar, seperti ketumbar, bawang putih, dan jeruk lemon.

Usai digoreng, maka kita siapkan sayuran berupa paprika, bawang bombay, dan cabe merah untuk ditumis hingga beraroma wangi. Lalu campurkan bumbu tauconya, baru ikan nilai tersebut diredam bersamaan dengan bumbu tumis tadi. "Ini jadi salah satu menu andalan. Karena tauco menjadi salah satu bumbu khas dari makanan sunda," kata Dada.

Satu lagi menu yang tak kalah menariknya, Anda pun bisa mencicipi olahan selain ikan, yakni Ayam Goreng Ngerekeus. Dalam bahasa sunda, Ngerekeus hampir disama artikan dengan renyah. Namun kerenyahan ayam goreng yang satu ini lain dari biasanya.

Daging ayam bagian paha dari ayam pejantan ini, memiliki tekstur yang lebih empuk ketika diolah. Ayam yang diungkeb dengan bumbu kuning diberika adonan tepung yang diberi bumbu khusus berupa kemiri, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Aromai serai dan kemiri yang cukup dominan mwmbuat tekstur daging menajdi renyah dan wanginya menggoda selera.

"Untuk ketiga menu tersebut pengunjung pun bebas memilih jenis sambalnya, baik itu sambal terasi yang menjadi khas makanan sunda, mau pun sambal kecap dengan cabe rawit," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)